468x60

.

Permainan Anak

Thursday, November 7, 2019
sebenarnya ini tulisan udah lama bangeeet, tapi masih hanya draft dan gak diselesaikan. ahahaha
cekdisout :D

Mencoba mengingat-ingat permainan yang pernah kumainkan waktu anak-anak,ternyata banyak lho..
mulai dari permaianan kartu,kelereng, batu, permainan yang bersifat “girly”, sampai permainan yang diiringai lagu-lagu..mungkin beberapa diantaranya pernah kamu mainkan.
okeh, mari bernostalgia :D

  1. Wang Ipo
    Bisa dikatakan ini bukan permaianan, tapi semacam cara untuk menentukan siapa yang kalah atau menang ketika hendak memulai permainan (hampir mirip dengan Gunting,batu,kertas. Tetapi, perbedaannya wang ipo menggunakan telapak tanagan). Cara ini lebih efektif untuk menyeleksi banayak orang, hingga diperoleh 2 orang, kemudian mereka di adu dengan cara “Suit”.
    Lagu yang digunakan yaitu: Wang,wang ipo!!
  2. Perancis (Alip Berondok)
    Biasanya orang-orang mengenal permainan ini dengan istilah “Petak Umpet”. Satu orang yang kalah dalam Wang Ipo akan bertugas menghitung sampai peserta lainnya bersembunyi. Kemudian orang tersebut akan mencari peserta lain yang bersembunyi. Bagi orang yang bersembunyi, dia harus berusaha menghampiri markas hitungan tanpa ketahuan oleh penjaga. Jika berhasil dia akan menyebutkan “Perancis”.
    dulu, jika aku dan teman-temanku mendapat giliran sebagai penjaga, biasanya kami akan mengurangi hitungannya dengan berpura-pura salah hitung.hehehhehe :p
  3. Tok-tok-an
    Salah satu mainan favorit :p. Biasanya dikenal juga dengan nama “bongkar-pasang” tetapi permainan ini bukan sejenis Lego. Properti yang digunakan adalah orang-orangan dari kertas yang hanya berukuran sekitar 8 cm, lengkap dengan pakaiannya yang juga terbuat dari kertas, aksesorisnya juga ada. Ya seperti permainan Boneka barbie versi kertasnya lha. Kusebut tok-tok-an karena biasanya aku dan teman-temanku memainkan kertas berbentuk orang itu dengan langkah yang berbunyi “tok,tok,tok” atau menyebutkan “tok,tok,tok,tok, Ani-nya ada?” sambil mengetuk pintu khayalan. Tak jarang juga, properti lain seperti kursi, tempat tidur,dll kami buat sendiri dengan kertas.
  4. Congklak
    salah satu jenis permaianan yang terkenal di seluruh Indonesia. Propertinya adalah congklak dan anak congklak. Dulu,jika kami tidak mempunyai congklaknya, kami akan membuat lubang di tanah dan anak congklaknya adalah batu2 kecil.
  5. Guli
    atau dikenal dgn permainan Kelereng. Kelereng itu sendiri adalah bola kecil berwujud padat yang terbuat dari bahan sejenis kaca. Ada 3 macam permainan yang biasa kami mainkan dengan kelereng,yaitu : Lubang, Sarang, dan Kejar-kejaran.
    Klo Lubang, kita akan berusaha memasukkan guli kita ke lubang yang dibuat di tanah hingga mencapai skor tertentu (biasanya 100) sambil menghalau lawan supaya mereka tidak masuk ke dalam lubang.
    Klo sarang, kita akan mengumpulkan beberapa guli ke dalam sebuah sarang, kemudian kita akan berusaha mengeluarkan guli-guli itu. Mirip kaya bilyard lha.
    klo kejar-kejaran,kita akan berusaha mengejar lawan kita dan menubrukkan guli kita pada guli lawan kita.
    owya, cara memainnkan guli/kereng ini yaitu menggunakan jarimu. atraksi yg paling kusuka adalah "Guli Atrek"
  6. Kuaci
    ini bukan kwaci yang makanan itu. seperti dalam pembahasan ini, Kuaci itu adalah permainan. aku ahli dalam permaianan ini.heheh! Jadi, properti yang digunakan  adalah benda berbentuk sesuatu yang terbuat dari plastik dan bisa ditegakkan. Biasanya berbentuk tangan manusia dengan jempol (Jempol), Kepala orang (Bapak), Udang, Unta, Srigala, Bunga, Ikan dan lain sebagainya. Memainkannya bisa di tanah atau di lantai dengan membuat garis batas antara kau dan lawanmu, saling melemparkan kuaci dan menghantamnya. jika kuaci yang kau hantam itu keluar dari garis lawanmu, maka kuaci tsb menjadi hakmu.
  7. Cas (tepuk Gambar)
    Seperti namanya, permainan ini adalah permainan tepuk gambar dan membiarkan gambar tersebut jatuh. Jika gambar milikmu jatuh dengan menampilkan sisi bergambar (tidak terbalik) maka kau disebut "Hidup" dan berhak mendapatkan bayaran berupa gambar. Properti yang digunakan adalah kertas bergambar, zamanku dulu gambarnya adalah tokoh-tokoh film seperti : Pendekar Rajawali (bibik lung, Yoko) Kera Sakti, Ziban, Power Ranger, Satria Baja Hitam, Siluman Ular Putih dsb. Dulu juga terkenal mitos "jika semakin lusuh gambar kita, maka akan semakin paten!" (ntah apa hubungannya??)
  8. Bandar
    Permainan ini menggunakan properti yang sama dengan Tepuk gambar, yaitu kertas bergambar. Tapi permainan ini lebih mirip permainan kartu (ada unsur judinya juga). jika kau mendapat pasangan kartu yang ujung angkanya memiliki jumlah paling besar, maka kau berhak mendapat taruhan yang juga berupa gambar. (waduuuh, ternyata waktu kecil aku juga sudah belajar yang tidak benar)
  9. Jipo
    Cara memainkannya mirip kaya permainan Cas, tapi properti yg digunakan adalah Jipo (Tutup Botol yang Dipipihkan). Dulu, kami sampai berkeliling sekitar gang rumah, mendatangi warung2 untuk mencari tutup botol. siapa yang memiliki Jipo paling banyak, Prestice nya semakin tinggi.hhah. trus kalo memiliki tutup botol yang jarang ditemukan, semakin keereeenn.haghag
  10. Pecah Piring
    kayanya serem kali permainanya, bukan. ini bukan sejenis "debus".hha. Ini adalah permainan bola dengan properti Asbes pecah sbg pecah piringnya. terdiri dari 2 tim, dimana 1 tim sebagai lawan yang berusaha memukul tim lain dengan bola karet (bola tenis) dan satu tim lagi adalah tim yang bertugas menyusun asbes pecah yang telah drobohkan menggunakan bola karet tersebut. Pengalaman menarik dari permainan ini adalah, dulu jika tidak mendapatkan asbes pecah, maka kami akan memecahkan asbes sekolahan.hehe.Nakal!!
  11. Bola Kasti
    propertinya bola tenis dan kayu pemukul. Permainan ini mirip seperti Softball.
  12. Bola Sabit
    aku bingung kenapa permainan ini disebut bola sabit. tapi yang jelas permainan ini menggunakan bola plastik, dimana pemainnya terdiri dari beberapa orang (semakin rame semakin seru) dan masing2 pemain memiliki kayu pemukul dan saling menggiring bola satu sama lain dengan menggunakan kayu tersebut. jika ada yang terkena bola tersebut, berarti dia yang jaga. kasuhan bila menjadi penjaga, dia akan dibulan-bulaini oleh peserta yang lain.
  13. Karet Yeye
    sejenis permainan lompat, tapi menggunakan properti karet gelang yang disambung-sambung. peserta yang bermain harus melompati karet yeye yang dibentangi oleh 2 orang penjaga. selain itu juga harus memainkan pola lilitan pada karet dengan menggunakan kaki.Tahap-tahapnya antara lain : kaki, lutut, pipis, pinggang, dada, kepala, jengkal, dan merdeka. tahap yang paling akhir dan yang paling susah adalah merdeka, dimana penjaga akan mengangkat karet yeye setinggi-tingginya. Hal yang paling menyakitkan dari permainan ini adalah jika karetnya putus saat kita mainkan. hhssseesss! #ngilu
  14. Meriam bambu
    Termasuk permainan berbahaya
  15. Batok lele
    aku tidak begitu ingat dengan permainan yg satu ini, tp klo ga salah, semacam permainan lempar kayu gitu..klo ga salah yaaaaaaa

    sebenarnya masih banyak sih permainan lain yang dulu, waktu tahu 90an, yang kami mainkan, tapi aku sudah lupa.hehehe

0 comment: