468x60

.

Expendendo et Resolutio

Monday, December 31, 2012
expendendo et resolutio = evaluasi dan resolusi (Latin.red)
Tidak terasa tahun 2012 hanya tinggal hitungan menit. dan ketika aku menulis tulisan ini, sudah terasa begitu "berisik" euforia pergantian tahun itu.
 

Jika mengingat bagaimana aku melewati hari-hariku di tahun 2012, sungguh ada banyak hal yang
sebenarnya diluar dari apa yang bisa kulakukan. kembali lagi DIA memberikanku kesempatan, menuntunku ketika aku sudah mulai melenceng bahkan mungkin "menampar" ku dengan lembut setiap kali aku mulai berpaling dariNya. but, for all this year, thank YOU, Lord :)

aku lupa apakah kemaren aku menulis resolusi tahun 2012 atau tidak, kalaupun aku tidak menulisnya, paling tidak mungkin aku memikirkannya. tidak terlalu masalah, yang penting sekarang aku ingin mengevaluasi apa saja yang perlu dievaluasi dari diri sepanjang tahun ini.

Sudah sejauh mana pengenalanku akan Tuhan Yesus Kristus, Sang Juruselamat?
Bagaimana dan seperti apa hubungan pribadiku denganNya sepanjang tahun ini?
Buah apa yang kuhasilkan sepanjang tahun ini?
Sudahkah orang lain melihat Dia di dalam hidupku sepanjang tahun ini? apakah aku sudah menjadi saluran berkat atau justru menjadi batu sandungan bagi orang lain?
seperti apa pengembalaanku terhadap adikku, adik-adik kelompokku, dan adik-adik PMB?
bagaimana dengan karakterku? apakah menunjukkan perubahan yang lebih baik?
bagaimana kepedulianku terhadap orang-orang di sekitarku? keluarga, dan sahabat-sahabatku?
apa yang sudah kucapai sepanjang tahun ini?
bagaimana dengan rencana, jadwal, komitmen yang ku buat? sudahkah aku mengerjakannya dengan setia?

untuk point hpdT, secara kuantitas menurutku tidak ada masalah, tetapi secara kualitas yang sepertinya harus diperbaiki. sering mendapatkan diri "terjebak rutinitas", bahkan tidak begitu disiplin seperti tahun-tahun sebelumnya.
begitu juga dengan pengenalanku akan Allah, yaaa, aku tahu siapa DIA, tetapi tidak benar-benar mengenal DIA, ini sama dengan : tahu Allah itu berkuasa, tapi meragukan kuasaNya.
untuk menjadi berkat kepada orang lain, bersyukur ada beberapa orang yang mengatakan "aku banyak belajar darimu" (tapi apa yang mereka pelajari ya? aku tidak begitu yakin..hhe), biarlah namaNya dipuji.
kalau untuk pengembalaan, aku menyadari masih kurang, terutama saat mengerjakan kepanitiaan PMB, terkhusus untuk adik-adik kelompok, hal tersebut berlanjut karna perhatianku tersita oleh pengerjaan tugas akhir. dan benar-benar sudah cukup sadar dengan "cubitan" Tuhan berupa gagalnya seminar tahun ini >.<
kalau untuk karakter, sepertinya aku masih memelihara hal-hal negatif dari "Nona Melan". khawatir, curiga, cengeng. arrrggghhh!! setidaknya, tidak terlalu parah dari sebelumnya :)
tentang apa yang sudah dicapai, menjadi ketua di kepanitiaan PMB UKM KMK USU 2012 merupakan sebuah pencapaian bagiku, dan itu adalah satu hal yang istimewa yang Tuhan percayakan di tahun ini :D, mendapatkan IP paling tinggi dari semester-semester sebelumnya juga pantas diapresiasi :D, dan HAMPIR menyelesaikan study juga suatu pencapaian (di awal tahun, aku memang tidak merencanakan selesai tahun ini, tapi siapa tahu DIA berkehendak :)
oh, iya.., pada tahun ini juga resmi terbentuk kelompok kecil Adeodatus lalu disusul dengan Chikara :D


Semoga Bukan Hanya Tulisan di Dalam Mimpi a.k.a RESOLUSI


Ya, aku baru ingat, ternyata tahun 2012 aku memang tidak menuliskan resolusi. Pemikiran-pemikiran yang takut melihat ada begitu banyak point yang tidak tercapai sering kali membuatku untuk tidak menulisnya. Tetapi, kembali lagi diingatkan untuk membuat sebuah tujuan dalam menjalani hidup ini dan tentunya juga harus diserahkan sepenuhnya kepada Sang Pemilik Kehidupan.
1. Memperbaiki kualitas hpdT
    aku rindu bisa lagi melakukan saat teduh jam 5 pagi setiap harinya.
    Bible Reading : Perjanjian Lama selesai dan disiplin!

2. Seminar hasil bulan Januari, Sidang bulan Februari dengan nilai A, Wisuda dengan IPK > 3,2

3. Mahir Bahasa Inggris, TOEFL > 450

4. Mengurangi komunikasi di situs jejaring sosial. 1 x seminggu sudah cukup untuk tahu informasi

5. Mendapatkan Pekerjaan

6. melakukan "ritual" kecil harian dan mingguan utk kesehatan dan perawatan dengan baik
    ritual = Jogging, belanja buah, luluran, minum air 10 gelas per hari, cuci muka & sikat gigi malam,

7. Meningkatkan kepedulian
    inisiatif menghubungi abang dan kakak min. 1 x sebulan
    mengucapkan selamat ulang tahun secara pribadi kepada keluarga dan teman.

8. Bangun tidur pukul 5.00 dan tidur paling lama pukul 11.00

9. Menabung, Rp 20.000 per minggu

10. Mengurangi sifat-sifat negatif "Nona Melan", lebih banyak tersenyum :) dan berpikir positif :D

11. Menantang komitmen adek2 kelompok, lebih memperhatikan mereka dan masuk bahan CPKK

12. kalau untuk yang terakhir ini, aku bingung termasuk resolusi atau tidak? karna kupikir bukan
      suatu pencapaian, tetapi sepenuhnya kehendak Allah ---> Kerinduan bertemu teman hidup . :D

0 comment: